Tiap perusahaan yang sukses menggunakan berbagai
macam tolak ukur ketika membandingkan dirinya dengan perusahaan lain yang
sejenis. Pelaku bisnis ingin berhasil dalam pasar sekarang yang cenderung
interaktif dan berpihak pada pelanggan, harus dapat mempertimbangkan faktor-faktor
lainselain faktor keuangan.perusahaan perlu menghargai pengetahuan yang
tersedia untuk mereka peroleh dari masukan para karyawan dan pelanggan. Salah
satu caranya adalah dengan tidak membingungkan pelanggan dengan istilah
pemasaran yang sedang popular seperti konsumen. Pelanggan tidak boleh disebut
konsumen, karena konsumen ialah seseorang yang anda gunakan untuk mendapatkan
keuntungan, sedangkan pelanggan merupakan harta/asset bagi perusahaan.
Pelanggan adalah manager produksi anda yang terbaik, evangelists dan mungkin
merupakan satu-satunya orang di dunia yang memberitahukan secara jujur tentang
perusahaan anda. Cara termudah untuk membantu pelanggan untuk lebih terlibat
secara posistif dan bersemangat terhadap bisnis anda adalah dengan berbicara
kepada mereka dan memperlakukan mereka sebagai rekan kerja anda.
CEO dari JetBlue, David Neeleman menyadari jika
diawal tidak berbicara dengan pelanggannya maka ia tidak akan pernah dapat
membangun sebuah perusahaan penerbangan yang memperhaikan pelanggannnya.
Neelmen telah menjadi pemberitaan di berbagai macam majalah bisnis. Ketika ia
terbang, ia terbang seperti yang lainnya, bahkan ia mengendarai mobilnya
sendiri menuju bandara. Setelah sampai pun, ia juga ikut mengantri seperti yang
lainnya, boleh dikatakan ia seperti penumpang biasa, setidaknya sampai pesawat
lepas landas. Kemudian ia berjalan sepanjang koridor pesawat sambil berbicara
dengan penumpang lainnya untuk mendengarkan pendapat mereka.
Pada akhirnya, kelangsungan hidup setiap perusahaan
ditentukan oleh sebaik apa perusahaan tersebut melayani, membantu dan
berinteraksi dengan pelanggannya. Pengalaman dari setiap pelanggan dapat
menjadi sebuah ukuran menyeluruh atas keberhasilan atau kegagalan perusahaan.
Neelmen berusaha sekuat tenaga tidak hanya mengurangi jumlah pengalaman
negative pelanggan terhadap JetBlue, tetapi juga menciptakan lingkungan yang
positif dimana ia memimpin dengan memberikan contoh kepada karyawannya agar
selalu melayani setiap pelanggan dengan baik.
Bagikan
KETAHUI BAGAIMANA MEMPERLAKUKAN PELANGGAN ANDA
4/
5
Oleh
Unknown
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.