Thursday, November 12, 2015

KETAHUI BAGAIMANA MEMPERLAKUKAN PELANGGAN ANDA



Tiap perusahaan yang sukses menggunakan berbagai macam tolak ukur ketika membandingkan dirinya dengan perusahaan lain yang sejenis. Pelaku bisnis ingin berhasil dalam pasar sekarang yang cenderung interaktif dan berpihak pada pelanggan, harus dapat mempertimbangkan faktor-faktor lainselain faktor keuangan.perusahaan perlu menghargai pengetahuan yang tersedia untuk mereka peroleh dari masukan para karyawan dan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan tidak membingungkan pelanggan dengan istilah pemasaran yang sedang popular seperti konsumen. Pelanggan tidak boleh disebut konsumen, karena konsumen ialah seseorang yang anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan pelanggan merupakan harta/asset bagi perusahaan. Pelanggan adalah manager produksi anda yang terbaik, evangelists dan mungkin merupakan satu-satunya orang di dunia yang memberitahukan secara jujur tentang perusahaan anda. Cara termudah untuk membantu pelanggan untuk lebih terlibat secara posistif dan bersemangat terhadap bisnis anda adalah dengan berbicara kepada mereka dan memperlakukan mereka sebagai rekan kerja anda.

CEO dari JetBlue, David Neeleman menyadari jika diawal tidak berbicara dengan pelanggannya maka ia tidak akan pernah dapat membangun sebuah perusahaan penerbangan yang memperhaikan pelanggannnya. Neelmen telah menjadi pemberitaan di berbagai macam majalah bisnis. Ketika ia terbang, ia terbang seperti yang lainnya, bahkan ia mengendarai mobilnya sendiri menuju bandara. Setelah sampai pun, ia juga ikut mengantri seperti yang lainnya, boleh dikatakan ia seperti penumpang biasa, setidaknya sampai pesawat lepas landas. Kemudian ia berjalan sepanjang koridor pesawat sambil berbicara dengan penumpang lainnya untuk mendengarkan pendapat mereka.

Pada akhirnya, kelangsungan hidup setiap perusahaan ditentukan oleh sebaik apa perusahaan tersebut melayani, membantu dan berinteraksi dengan pelanggannya. Pengalaman dari setiap pelanggan dapat menjadi sebuah ukuran menyeluruh atas keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Neelmen berusaha sekuat tenaga tidak hanya mengurangi jumlah pengalaman negative pelanggan terhadap JetBlue, tetapi juga menciptakan lingkungan yang positif dimana ia memimpin dengan memberikan contoh kepada karyawannya agar selalu melayani setiap pelanggan dengan baik.

Bagikan

Jangan lewatkan

KETAHUI BAGAIMANA MEMPERLAKUKAN PELANGGAN ANDA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.