Sebuah blog umum yang terbuka dan jujur, yang dibuat oleh otoritas dari dalam perusahaan anda, mengizinkan bisnis anda untuk menciptakan berbagai pengalaman yang berbeda antara anda dan pelanggan anda, dan mengizinkan anda untuk menciptakan percakapan resmi yang tampaknya tidak mungkin dilakukan sebelum adanya blog secara online. Blogging berarti perusahaan anda tidak perlu lagi bergantung pada jajak pendapat yang mahal, formulir kuisioner, email dan metode lainnya yang makan waktu dan membosankan untuk mendapatkan umpan balik.
Jika anda ingin mengetahui mengapa produk terbaru anda kurang laris, anda dapat menanyakannya kepada pelanggan anda melalui blog, Mereka akan memberitahukan apa yang sebenarnya. Jika belakangan ini ada eksekutif perusahaan anda yang dipecat karena skandal perusahaan, anda dapat meluruskannya hal ini di blog anda dengan pemikiran terbuka. Kejujuran semacam itulah yang dapat meninggalkan kesan baik pada pelanggan anda, dimana akan terlihat lebih nyata daripada artikel-artikel di media lainnya yang membahas masalah yang sama. Yang lebih penting lagi adalah setiap orang pembaca blog anda berdasarkan kehendak mereka sendiri, dimana Mereka mengunjungi blog anda untuk mengetahui apa yang akan anda katakan. Blog mungkin merupakan satu-satunya alat pemasaran yang paling mendekati kebenaran.
Salah satu kesalahan terbesar bagi perusahaan adalah memandang blog sebagai cara lain untuk mengirimkan pesan pemasaran yang sudah ketinggalan zaman. Tidak ada orang yang minat untuk membaca hal-hal seperti itu di dalam sebuah blog. Blog sebenarnya hanya mengenai tiga hal yaitu:
-Informasi, Memberitahukan kepada pelanggan anda tentang apa yang sedang anda kerjakan dan mengetahui apa yang sedang mereka pikirkan.
-Hubungan, Membangun dasar yang kokoh dari pengalaman-pengalaman positif dengan pelanggan anda, dimana mengubah mereka dari sekedar seorang pelanggan menjadi seorang pembawa pesan bagi perusahaan dan produk anda.
-Manajemen ilmu pengetahuan, Mempunyai banyak pengetahuan yang tersimpan dalam perusahaan anda yang dapat digunakan oleh oarang yang tepat dan saat yang tepat.
Tanpa adanya blog, pesan-pesan perusahaan akan disaring habis-habisan oleh humas atau media massa yang ditunjuk oleh para eksekutif dan manajer perusahaan untuk berbicara langsung kepada pelanggan, apakah itu terjadi di toko-toko milik perusahaan, didalam kapal terbang perusahaan, atau disaat acara khusus yang sengaja disiapkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Nilai dari umpan balik pelanggan secara langsunh sudah jelas dan blog menyediakannya dalam skala dunia.
Blog secara efektif merupakan bentuk dari iklan gratis yang diharapkan pelanggan anda. Blog juga mudah untuk ditelusuri, memberikan arti untuk menghasilkan dan menilai pembicaraan, dan mengizinkan anda untuk menciptkan suatu pengalaman positif dan pada akhirnya bisa mendapatkan pelanggan yang setia, cukup dengan menjadi diri sendiri.
Anda juga dapat menggunakan blog untuk kepentkngan internal, misalnya untuk membantu para karyawan menghasilkan dan mencoba ide-ide baru, melibatkan dan memotivasi karyawan dan meningkatkan kemampuan anda dalam berkomunikasi dalam perusahaan. Baik perusahaan anda masuk didalam jajaran Fortune 100 atau cuma sekedar perusahaan Keluarga. Pemanfaatan blog didalam perusahaan dapat membantu anda untuk tetap teratur dan pemanfaatan blog diluar perusahaan dapat mengubah cara orang berbisnis dengan anda.
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.