Perusahaan-perusahaan mungkin tidak efektif dalam menanggapi persoalan-persoalan yang terjadi dalam dunia blogging karena beberapa alasan, mereka mungkin tidak menyadari keberadaan blog-blog tersebut, atau mungkin mereka menyadarinya namun menganggap blog-blog tersebut tidak begitu penting. Kryptonite locks merupakan sedikit cerita unik tentang perusahaan yang menyadari keberadaan blog tetapi mereka lebih memilih untuk tidak memberi tanggapan kepada para blogger dengan beraneka ragam alasan.
Dalam tahun 2004,
Kryptonite, perusahaan pembuat gembok terlaris menderita kerugian di tangan
blog.seorang blogger menemukan bahwa kemungkinan gembok Kryptonite dapat dibuka
paksa hanya dengan sekedar menggunakan sebuah pen biasa. Setelah blogger
tersebut menceritakannya di blog, persoalan tersebut dengan cepat di tangkap
oleh Engadget (www.engadget.com),
suatu blog perkakas dan peralatan terkenal dengan jumlah pembaca sekitar
setengah juta pembaca perhari (lihat artikelnya di www.engadget.com/entry/7796925370303347).
Percakapan mengenai persoalan tersebut dengan cepat meluas tidak terkendali.
Dan yang lebih buruk lagi, Kryptonite tidak mengetahui apa yang terjadi sampai
akhirnyaterlambat melakukan sesuatu. Dalam waktu yang singkat, The New York
Times dan gabungan pers menangkap cerita tersebut dan sudah tidak ada jalan
balik lagi bagi Kryptonite.
Bisnis Kryptonite
terpukul dengan gugatan hukum class-action (www.kryptonitesettlement.com/)
dan perusahaan terjerat dalam program penggantian besar-besaran dari
produk-produk yang bermasalah tersebut (www.kryptonitelock.com/inettisscripts/abtinetis.exe/template-form@public?tn=product_exchange_faq),
yang mana tampaknya akan mengeluarkan biaya yang sangat besar.
Pertanyaan untuk kita
bukan tentang apakah gembok Kryptonite itu cacat atau tidak, melainkan
pertanyaannya adalah “Bagaimana situasi ini jadinya jika Kryptonite menanggapi
persoalan tersebut secepatnya (kurang dari satu jam), di blog milik si blogger
tersebut, di Engadget dan di blognya sendiri jika ada?”. Tim manajemen krisis
Kryptonite sama sekali tidak siap untuk menanggapi kenyataan baru dari blogsphere, dimana seorang blogger mampu
mengenali masalah yang ada pada produk, membicrakannya dan memberitahukannya
kepada lebih dari 20 juta orang dalam kurang dari satu minggu.
Perwakilan Kryptinite
mengatakan bahwa mereka sudah lebih menyadari atas kehebohan yang terjadi dalam
blogsphere, tetapi mereka terlalu sibuk menanggapi email dari para pelanggan,
menyiapkan program pergantian produk, dan memikirkan apa kesalahan yang
sebenarnya dari produk tersebut. Sangat sulit untuk menyalahkan perusahaan atas
keputusan yang diambil pada saat krisis, bagaimana pun juga mengambil keputusan
yang sulit merupakan bagian dari krisis itu sendiri.
Ketika perusahaan anda
menghadapi suatu permasalahan sebesar ini, kemampuan untuk menangani masalah
ini sejak awal, baik dalam waktu semenit atau pun beberapa jam dapat menjadi
sebuah motivasi yang kuat untuk melacak apa yang blogsphere lakukan atau
katakana. Jika semua yang anda lakukan melalui blog-blog adala mendengarkan
tentang apa yang terjadi dan menanggapinya dengan tepat, anda sudah berjalan
jauh kedepan untuk menetapkan strategi blogging yang sukses.
Bagikan
TANGGAPI PENDENGAR ANDA: KISAH KRYPTONITE LOCKS
4/
5
Oleh
Unknown
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.