Thursday, November 12, 2015

BERIKAN PERUSAHAAN ANDA SUARA: KISAH DARI THE GENERAL MOTORS



Pada januari 2005, sebuah peristiwa penting terjadi: Bob Lutz, wakil komisaris dari General Motors mulai blogging. Lutz merupakan pimpinan eksekutif pertama dari perusahaan non-teknologi Fortune 100 yang menjadi penyumbang utama bagi blog. Gayanya yang khas dan pendekatannya yang berhasrat menciptakan saluran komunikasi yang sama sekali baru bagi GM, membolehkan para pelangggan untuk terlibat dengan dirinya secara langsung tentang produk-produk, layanan-layanan dan masa depan dari perusahaan. Lutz juga memiliki hasrat yang sama kepada perancangan mobil seperti kepada blognya, yang mana merupakan bagian penting untuk menjadi blogger yang berhasil di segalatingkat dalam perusahaan dan dia secara terus menerus menunjukan keyakinannya kepada para pelanggannya dan dalam blogging. “Kami mau kalian tetap memperthatikan dan tetap berbicara kepada kami, oleh karena itulah saya berada disana”, Lutz mencetuskan hal ini dalam postnya yang kedua di blog (7 Januari 2005, www.fastlane.gmblogs.com/archives/2005/01/great_comments_1.html).
Dalam waktu hanya lima bulan, blog Fastlane milik GM menjadi salah satu suara terpenting yang tidak disaring di internet, sebagai mana perusahaan mengekspresikan dirinya dengan bebas melalui Lutz dan eksekutif lainnya, dan seperti para pelanggan yang telah belajar bahwa suara-suara mereka didengar. Banyak penggemar mobil yang sering mengunjungi Fastlane, seperti usaha awal blogging dari GM, yaitu The Smallblock Engine blog, mengundang Lutz yang mau dan mampu menjadi penghubung bagi orang-orang yang berhasrat pada mobil umumnya dan pada kendaraan-kendaraan buatan GM khususnya, merupakan hal yang menular.
Kebanyakan dari post yang ada di blog Fastlane, seperti pada blog-blog milik GM lainnya, menarik banyak orang, paling sedikit ratusan komentar, menciptakan komunitas yang dinamis, berhasrat dan bersemangat. Jika ada keraguan bila blogging itu hanya sekedar sebuah percakapan yang terjadi antar perusahaan, pelanggan dan bloggers, blog Fastlane telah menyingkirkan keragu-raguan tersebut. Menurut Feedster Top 500 untuk Agustus 2005 (www.top500.feedster.com/), blog Fastlane berada diantara 500 blog teratas di internet dan kemauan dari tim dibelakang blog tersebut untuk belajar dan beraaptasi kepada blogging merupakan hal yang luar biasa.
GM menjadi salah satu dari beberapa perusahaan pertama yang menciptakan Podcast (sebuah siaran radio online yang didistribusikan langsung kea lat pemutar MP3) yang mana menjadi terkenal dilingkungan pelanggannya. Blog, Podcast, dan interaksi keseluruhan dengan pelanggan menyediakan GM umpan balik langsung yang bernilai dari para pelanggannya, para pemilik dan para penggemar kendaraan, tentangg apa yang mereka pikirkan dari GM sebagai sebuah perusahaan, sebagai pembuat mobil dan sebagai penemu. Umpan balik semacam ini tidak mungkin diperoleh perusahaan dengan cara lainnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

BERIKAN PERUSAHAAN ANDA SUARA: KISAH DARI THE GENERAL MOTORS
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.