Thursday, November 12, 2015

SEJARAH BLOGGING 101



Sejarah blogging sangat panjang dan berliku-liku. Blogging sudah dimulai semenjak awal-awal internet ditemukan, bahkan halaman web yang pertama kali dibuat sangat mirip dengan blog, penciptanya Tim Berners dan Lee, sering memperbaharuinya dengan daftar dari seluruh situs web (pada saat ini hanya ada lusinan).


Blogging tanpa disadari berkembang menjadi suatu bentuk saling berbagi pengalaman dan informasi lainnya dari masing-masing orang yang dianggap berguna.sejak dari awal, pengguna blog menikmati dua hal pada saat bersamaan, dimana di satu sisi dapat dimanfaatkan sebagai buku harian online yang hebat dan di sisi yang lain dapat bermanfaat sebagai alat komunikasi yang luar biasa.

Sampai tahun 2004, blogging hanya ditujukan untuk kegiatan-kegiatan tertentu, dengan hanya sekitar 5 juta blogger di dunia dan kebnaykan dari mereka Cuma menggunakan blog untuk berbicara tentang peliharaan, bisnis dan masalah-masalah teknologi. Sampai pada saatnya pemilihan presiden Amerika tahun 2004 dan blog mulai menjadi pusat perhatian. Para blogger mengungkap masalah-masalah yang berkaitan dengan calon-calon presiden, berbicara tentang berbagai macamperistiwa yang para jurnalis tidak dapat hadiri, bahkan ada yang dapat menerima kartu bebas pers untuk acara rapat nasional partai Demokrat.

Secara keseluruhan tahun 2004 merupakan tahun yang besar bagi blogging, dimana para pengamat bisnis seperti ahli manajemen Tom Peters, pengarang dan pembicara seminar Malcolm Gladwell, pakar wirausaha Guy Kawasaki dan pelatih kepemimpinan Steven Covey tersadar akan kekuatan blog. Bahkan, saat ini tidak satupun pengarang buku bisnis merasa pekerjaannya telah lengkap tanpa mulai menulis sebuah buku tentang blog. Sebagai hasilnya, bisnis majalah dunia seperti Fortune, Business 2.0, dan Fast Company tersadar akan kekuatan dari blog dan bisnis di seluruh dunia mulai memperhatikan hal tersebut. Ketika blog dikaitkan kepada pemasaran dan hubungan masyarakat, awalnya perusahaan-perusahaan tersebut memberikan tatapan kosong , tapi kemudian dengan cepat perusahaan-perusahaan dapat menangkap ide tersebut dan sekarang konsultasi mengenai blog menjadi bahan pokok dari perusahaan konsultan baik besar maupun kecil.

Pada awal abad 21 telah ditandai dengan adanya mergerdan akuisisi didalam ruang blog sebagaimana dengan munculnya sejumlah skandal, tapi yang lebih penting dari lainnyatelah ditandai dengan pertumbuhan. Jika 5 juta blogger online dalam tahun 2004 maka telah lebih dari 50 juta blogging diawal tahun 2005 dan pertumbuhan tersebut tidak menjadi lambat dalam jangka waktu dekat. Bahkan, sekumpulan blog telah tumbuh sedemikian cepatnya sehingga tidak ada satu layanan pun yang dapat mengimbanginya. Dimana iti merupakan salah satu alas an tidak ada seorang pun yang yakin dengan pasti berapa banyak orang yang sesungguhnya membaca blog. Tapi cukup dikatakan bahwa banyak orang yang menulis blog dan lebih banyak lagi yang membacanya atau terpengaruh olehnya. Pada saat sekarang ini pertanyaannya bukanlah “ Apakah kamu mengetahui blog?” tapi lebih kepada “Apa blog kamu?” atau “Apa blog yang paling kamu sukai?”

Pertumbuhan dari blog diantara berbagai bisnis memang sudah dapat di ramalkan. Ribuan blog bisnis baru yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan dari berbagai ukuran, jenis usaha, dan bahkan untuk berbagai macam alas an yang dapat terpikirkan. Jadi, apa yang aan anda lakukan dengan blog anda?

Bagikan

Jangan lewatkan

SEJARAH BLOGGING 101
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.