Sejarah blogging sangat panjang dan berliku-liku.
Blogging sudah dimulai semenjak awal-awal internet ditemukan, bahkan halaman
web yang pertama kali dibuat sangat mirip dengan blog, penciptanya Tim Berners
dan Lee, sering memperbaharuinya dengan daftar dari seluruh situs web (pada
saat ini hanya ada lusinan).
Blogging tanpa disadari berkembang menjadi suatu
bentuk saling berbagi pengalaman dan informasi lainnya dari masing-masing orang
yang dianggap berguna.sejak dari awal, pengguna blog menikmati dua hal pada
saat bersamaan, dimana di satu sisi dapat dimanfaatkan sebagai buku harian
online yang hebat dan di sisi yang lain dapat bermanfaat sebagai alat
komunikasi yang luar biasa.
Sampai tahun 2004, blogging hanya ditujukan untuk
kegiatan-kegiatan tertentu, dengan hanya sekitar 5 juta blogger di dunia dan
kebnaykan dari mereka Cuma menggunakan blog untuk berbicara tentang peliharaan,
bisnis dan masalah-masalah teknologi. Sampai pada saatnya pemilihan presiden
Amerika tahun 2004 dan blog mulai menjadi pusat perhatian. Para blogger
mengungkap masalah-masalah yang berkaitan dengan calon-calon presiden,
berbicara tentang berbagai macamperistiwa yang para jurnalis tidak dapat
hadiri, bahkan ada yang dapat menerima kartu bebas pers untuk acara rapat
nasional partai Demokrat.
Secara keseluruhan tahun 2004 merupakan tahun yang
besar bagi blogging, dimana para pengamat bisnis seperti ahli manajemen Tom
Peters, pengarang dan pembicara seminar Malcolm Gladwell, pakar wirausaha Guy
Kawasaki dan pelatih kepemimpinan Steven Covey tersadar akan kekuatan blog.
Bahkan, saat ini tidak satupun pengarang buku bisnis merasa pekerjaannya telah
lengkap tanpa mulai menulis sebuah buku tentang blog. Sebagai hasilnya, bisnis
majalah dunia seperti Fortune, Business 2.0, dan Fast Company tersadar akan
kekuatan dari blog dan bisnis di seluruh dunia mulai memperhatikan hal
tersebut. Ketika blog dikaitkan kepada pemasaran dan hubungan masyarakat,
awalnya perusahaan-perusahaan tersebut memberikan tatapan kosong , tapi
kemudian dengan cepat perusahaan-perusahaan dapat menangkap ide tersebut dan
sekarang konsultasi mengenai blog menjadi bahan pokok dari perusahaan konsultan
baik besar maupun kecil.
Pada awal abad 21 telah ditandai dengan adanya
mergerdan akuisisi didalam ruang blog sebagaimana dengan munculnya sejumlah
skandal, tapi yang lebih penting dari lainnyatelah ditandai dengan pertumbuhan.
Jika 5 juta blogger online dalam tahun 2004 maka telah lebih dari 50 juta
blogging diawal tahun 2005 dan pertumbuhan tersebut tidak menjadi lambat dalam
jangka waktu dekat. Bahkan, sekumpulan blog telah tumbuh sedemikian cepatnya
sehingga tidak ada satu layanan pun yang dapat mengimbanginya. Dimana iti
merupakan salah satu alas an tidak ada seorang pun yang yakin dengan pasti
berapa banyak orang yang sesungguhnya membaca blog. Tapi cukup dikatakan bahwa
banyak orang yang menulis blog dan lebih banyak lagi yang membacanya atau
terpengaruh olehnya. Pada saat sekarang ini pertanyaannya bukanlah “ Apakah
kamu mengetahui blog?” tapi lebih kepada “Apa blog kamu?” atau “Apa blog yang
paling kamu sukai?”
Pertumbuhan dari blog diantara berbagai bisnis
memang sudah dapat di ramalkan. Ribuan blog bisnis baru yang diciptakan oleh
perusahaan-perusahaan dari berbagai ukuran, jenis usaha, dan bahkan untuk
berbagai macam alas an yang dapat terpikirkan. Jadi, apa yang aan anda lakukan
dengan blog anda?
Bagikan
SEJARAH BLOGGING 101
4/
5
Oleh
Unknown
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.