Thursday, November 12, 2015

BAGAIMANA BLOG MAMPU MENGAJAK PELANGGAN DAN EFEK MINDSHARE



Tantangan perusahaan yang dihadapi saat ini adalah salah satunya mindshare. Mindshare adalah segalanya tentang seberapa banyak orang meyadari produk anda. Anggaplah semacam pembagian pasar, selain memiliki prsentase dari pasar tersebut dalam bentuk nilai dollar, anda menilai mindshare berdasarkan persentase dari orang-orang yang mngetahui apa yang sedang anda kerjakan. Masalahnya adalah setiap orang berlomba-lomba untuk mindshare dan para pelanggan hanya memiliki kapasitas pemikiran yang terbatas.


Dalam keadaan yang sebenarnya, semakin banyak perusahaan bersaing untuk mindshare melalui metode penyiaran biasa, akan semakin kurang efektif semua kampanye tersebut. Alasan sederhananya ialah bahwa para pelanggan hanya dapat menyediakan sedikit dan semakin sedikit dari kapasitas pemikiran mereka terhadap setiap perusahaan atau produk. Jawaban dari tantangan ini sederhana, ciptakan ruang dimana para pelanggan anda dapat secara terus menerus tewrlibat dalam suatu percakapan dengan anda. Ciptakan tempat yang berarti bagi para pelanggan, hanya dengan demikian mindshare anda akan meningkat.

Bloh sebagi alat pemasaran; Kisah dari pertanian Stonyfield
Dalam April 2004, perusahaan yogurt, pertanian Stonyfield mulai melakukan blogging (www.stonyfield.com/weblog/). Stonyfield menjalankan lima blog, masing-masing diarahkan kebagian berbeda dari pasar mereka. Beberapa diarahkan kepada para petani dan siapa saja yang ingin bernostalgia dengan mengingat cara bertani tradisional. Lainnya diarahkan kepada cara mengasuh dan cara hidup sehat, seperti menampilkan gambaran tentang kesehatan bagi para orang tua yang sibuk; perhatian terhadap cara hidup sehat, lingkungan hidup dan nilai-nilai kekeluargaan merupakan hal penting dari sisi kepribadian perusahaan, sesuatu yang mendatangkan kebanggaan tersendiri dalam memeliharanya, walaupun perusahaan mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

Pertanian Stonyfield menyadari bahwa para pelanggan membuat keputusan membeli pada bagian makanan yang dibekukan didalam toko makanan dan minuman. Para pembeli dikondisikan untuk memilih harga yang termurah bagi barang yang sering diperdagankan seperti yogurt. Namun Stonyfield percya bahwa dengan menyesuaikan nilai barang tersebut terhadap nilai yang diharapkan pelanggan, akan menciptakan kesan yang mendalam yang mampu membuat biaya tambahan pada setiap pembeliannya terlihat cukup berharga.

Menggunakan blog anda sebagi sebuah cara mencerminkan nilai bisnis anda, budaya dan prioritas adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa blog anda bukanlah sekedar kendaraan lain untuk melakukan cara-cara pemasaran kuno yang sama  dimana dapat menjadikan pelanggan kurang peka. Blogs membolehkan anda untu berbicara langsung pada pelanggan anda sebagai seorang yang penting, diman merupakan suatu peluang yang tidak boleh diabaikan.

Bagikan

Jangan lewatkan

BAGAIMANA BLOG MAMPU MENGAJAK PELANGGAN DAN EFEK MINDSHARE
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.