Tantangan
perusahaan yang dihadapi saat ini adalah salah satunya mindshare. Mindshare
adalah segalanya tentang seberapa banyak orang meyadari produk anda. Anggaplah
semacam pembagian pasar, selain memiliki prsentase dari pasar tersebut dalam
bentuk nilai dollar, anda menilai mindshare berdasarkan persentase dari
orang-orang yang mngetahui apa yang sedang anda kerjakan. Masalahnya adalah
setiap orang berlomba-lomba untuk mindshare dan para pelanggan hanya memiliki
kapasitas pemikiran yang terbatas.
Dalam
keadaan yang sebenarnya, semakin banyak perusahaan bersaing untuk mindshare
melalui metode penyiaran biasa, akan semakin kurang efektif semua kampanye
tersebut. Alasan sederhananya ialah bahwa para pelanggan hanya dapat
menyediakan sedikit dan semakin sedikit dari kapasitas pemikiran mereka
terhadap setiap perusahaan atau produk. Jawaban dari tantangan ini sederhana,
ciptakan ruang dimana para pelanggan anda dapat secara terus menerus tewrlibat
dalam suatu percakapan dengan anda. Ciptakan tempat yang berarti bagi para
pelanggan, hanya dengan demikian mindshare anda akan meningkat.
Bloh
sebagi alat pemasaran; Kisah dari pertanian Stonyfield
Dalam
April 2004, perusahaan yogurt, pertanian Stonyfield mulai melakukan blogging (www.stonyfield.com/weblog/).
Stonyfield menjalankan lima blog, masing-masing diarahkan kebagian berbeda dari
pasar mereka. Beberapa diarahkan kepada para petani dan siapa saja yang ingin
bernostalgia dengan mengingat cara bertani tradisional. Lainnya diarahkan
kepada cara mengasuh dan cara hidup sehat, seperti menampilkan gambaran tentang
kesehatan bagi para orang tua yang sibuk; perhatian terhadap cara hidup sehat,
lingkungan hidup dan nilai-nilai kekeluargaan merupakan hal penting dari sisi
kepribadian perusahaan, sesuatu yang mendatangkan kebanggaan tersendiri dalam
memeliharanya, walaupun perusahaan mengalami pertumbuhan yang luar biasa.
Pertanian
Stonyfield menyadari bahwa para pelanggan membuat keputusan membeli pada bagian
makanan yang dibekukan didalam toko makanan dan minuman. Para pembeli
dikondisikan untuk memilih harga yang termurah bagi barang yang sering
diperdagankan seperti yogurt. Namun Stonyfield percya bahwa dengan menyesuaikan
nilai barang tersebut terhadap nilai yang diharapkan pelanggan, akan
menciptakan kesan yang mendalam yang mampu membuat biaya tambahan pada setiap
pembeliannya terlihat cukup berharga.
Menggunakan
blog anda sebagi sebuah cara mencerminkan nilai bisnis anda, budaya dan
prioritas adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa blog anda
bukanlah sekedar kendaraan lain untuk melakukan cara-cara pemasaran kuno yang
sama dimana dapat menjadikan pelanggan
kurang peka. Blogs membolehkan anda untu berbicara langsung pada pelanggan anda
sebagai seorang yang penting, diman merupakan suatu peluang yang tidak boleh
diabaikan.
Bagikan
BAGAIMANA BLOG MAMPU MENGAJAK PELANGGAN DAN EFEK MINDSHARE
4/
5
Oleh
Unknown
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.