Thursday, November 12, 2015

MENCIPTAKAN EVANGELIST DAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN DALAM DIRI PELANGGAN



Salah satu keuntungan yang paling hebat dari penggunaan blog adalah membantu anda menciptakan seorang pelanggan setia/evangelist. Dlam bukunya “Creating Customer Evangelists”, tahun 2002, Ben McConnell dan Jackie Huba memberitahuakan bahwa seorang pelanggan setia perusahaanyang mempunyai hasrat/gairah dapat menginformasikan dan mendorong para pelanggan anda agar membawa pesan dari merek anda kepada yang lainnya. Para pelanggan setia merupakan alat yang hebat. Ketika anda member pelanggan lain kekuatan untuk merangkul merek anda, mereka akan membawa pesan dari merek anada kemana pun mereka pergi, memberitahukannya kepada yang lain tentang pengalaman mereka dengan perusahaan anda sehingga merek anda menjadi tersebar luas dengan cara yang baik dan bukan sebaliknya.

Pesan yang bergairah dapat menyebar seperti kebakaran; sekali seorsng yang bergairah masuk kedalam suatu kelompok maka dinamika dari kelompok tersebut berubah secara keseluruhan. Kebanyakan pelanggan akan senang menjadi evangelist bagi perusahaan dan produk anda jika nada mneyediakan cukup pengalaman positif untuk mereka. Mereka perlu mencintai perusahaan dan produk anda, walaupun mungkin saja produk anda tidak sempurna.

Menciptakan hasrat/gairah bukanlah menjadikan orang untuk menyerupai diri anda, melainkan dengan menggunakan hasrat/gairah anda sebagai bahan bakar bagi hasrat/gairah orang lain. Dalam keadaan yang sebenarnya, perusahaan yang dapat menciptakan kegemparan, suka menyerempet bahaya, dan berani mencoba ide-ide baru akan dapat dicintai maupun dibenci. Dan seperti halnya dalam setiap hubungan, terkadang anda tidak dapat yakin apakah pelanggan itu adalah teman sejati atau bukan, kecuali anda mendengarkan apa yang ia katakan. Blog adalah hal yang tepat untuk hal tersebut.

MEMBANGUN KEPERCAYAAN DALAM DIRI PELANGGAN

Cara terbaik untuk membangun kepercayaan adalah dengan konsisten menjadi orang ayng dapat dipercaya. Para dokter mendapat kepercayaan setelah beberapa tahun memberikan layanan dengan professional, perhatian dan keahliannya. Begitu pula dengan bisnis anda dalam membangun kepercayaan pelanggan anda didalam dunia nyatadengan menepati janji anda, misalkan jika anda berjanji untuk memberikan harga yang terbaik tetapi ternyata tidak maka anda akan mengkhianati kepercayaan pelanggan anda, sebaliknya jika anda konsisten dalam menepati janji, secra alamiah kepercayaan pelanggan anda terhadap anda semakin kuat.

Blogs adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan karena mereka memperbolehkan andabersikap seperti seorangbiasa dan bukan seperti brosur-brosur iklan perusahaan, dalam berkomunikasi dengan pelanggan anda, pengguna dan kelompok lebih rutin dibandingkan media-media lainnya. Idealnya blog anda harus dapat menarik satu posting perhari dan sebagai hasilnya, anda akan mendapat kesempatan untuk membangun kepercayaan dengan menepati janji-janji anda tiap harinya.

Bagikan

Jangan lewatkan

MENCIPTAKAN EVANGELIST DAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN DALAM DIRI PELANGGAN
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.