Salah
satu keuntungan yang paling hebat dari penggunaan blog adalah membantu anda
menciptakan seorang pelanggan setia/evangelist. Dlam bukunya “Creating Customer
Evangelists”, tahun 2002, Ben McConnell dan Jackie Huba memberitahuakan bahwa
seorang pelanggan setia perusahaanyang mempunyai hasrat/gairah dapat
menginformasikan dan mendorong para pelanggan anda agar membawa pesan dari
merek anda kepada yang lainnya. Para pelanggan setia merupakan alat yang hebat.
Ketika anda member pelanggan lain kekuatan untuk merangkul merek anda, mereka
akan membawa pesan dari merek anada kemana pun mereka pergi, memberitahukannya
kepada yang lain tentang pengalaman mereka dengan perusahaan anda sehingga
merek anda menjadi tersebar luas dengan cara yang baik dan bukan sebaliknya.
Pesan
yang bergairah dapat menyebar seperti kebakaran; sekali seorsng yang bergairah
masuk kedalam suatu kelompok maka dinamika dari kelompok tersebut berubah
secara keseluruhan. Kebanyakan pelanggan akan senang menjadi evangelist bagi
perusahaan dan produk anda jika nada mneyediakan cukup pengalaman positif untuk
mereka. Mereka perlu mencintai perusahaan dan produk anda, walaupun mungkin
saja produk anda tidak sempurna.
Menciptakan
hasrat/gairah bukanlah menjadikan orang untuk menyerupai diri anda, melainkan
dengan menggunakan hasrat/gairah anda sebagai bahan bakar bagi hasrat/gairah
orang lain. Dalam keadaan yang sebenarnya, perusahaan yang dapat menciptakan
kegemparan, suka menyerempet bahaya, dan berani mencoba ide-ide baru akan dapat
dicintai maupun dibenci. Dan seperti halnya dalam setiap hubungan, terkadang
anda tidak dapat yakin apakah pelanggan itu adalah teman sejati atau bukan,
kecuali anda mendengarkan apa yang ia katakan. Blog adalah hal yang tepat untuk
hal tersebut.
MEMBANGUN
KEPERCAYAAN DALAM DIRI PELANGGAN
Cara
terbaik untuk membangun kepercayaan adalah dengan konsisten menjadi orang ayng
dapat dipercaya. Para dokter mendapat kepercayaan setelah beberapa tahun
memberikan layanan dengan professional, perhatian dan keahliannya. Begitu pula
dengan bisnis anda dalam membangun kepercayaan pelanggan anda didalam dunia
nyatadengan menepati janji anda, misalkan jika anda berjanji untuk memberikan
harga yang terbaik tetapi ternyata tidak maka anda akan mengkhianati
kepercayaan pelanggan anda, sebaliknya jika anda konsisten dalam menepati
janji, secra alamiah kepercayaan pelanggan anda terhadap anda semakin kuat.
Blogs
adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan karena mereka memperbolehkan
andabersikap seperti seorangbiasa dan bukan seperti brosur-brosur iklan
perusahaan, dalam berkomunikasi dengan pelanggan anda, pengguna dan kelompok
lebih rutin dibandingkan media-media lainnya. Idealnya blog anda harus dapat
menarik satu posting perhari dan sebagai hasilnya, anda akan mendapat
kesempatan untuk membangun kepercayaan dengan menepati janji-janji anda tiap
harinya.
Bagikan
MENCIPTAKAN EVANGELIST DAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN DALAM DIRI PELANGGAN
4/
5
Oleh
Unknown
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.