Berikut ini diantaranya
ada tujuh jenis blog bisnis dan mempersonifikasi mereka menjadi karakteryang
berbeda, atau lokasi atau antar kota. Mari kita mengadakan perjalanan di kota
virtual ini, lalu mengunjungi beberapa orang dan tempat dimana bisnis anda
mungkin ingin bekerja dengannya, mencobanya dan akhirnya menerima blogging:
·
The Barber, atau “situkang cukur”
terbukti sebagai warga yang terkemuka – mereka mengetahui orang yang tepat,
memiliki banyak kebijaksanaan dari mendengarkan para pelanggannyaselama
bertahun-tahun dan tidak bermasalah untuk membagikan kebijaksanaannya. Dengan
kata lain seorang tukang cukur berfungsi sebagai seorang analisis atau mungkin
seorang penasihat. Si tukang cukur patut untuk didengar, bukan hanya karena ia
melihat sesuatu dengan cara yang berbeda tetapi sering kali ia “benar”.
·
The Blacksmith, atau “si pandai besi”
sama seperti “si tukang cukur” dalam hal pengetahuan industrinya, kecuali ia
sperti “berada dalam” sebuah perusahaan, sedang menempa industry dan opini
melalui tempat penempaan milik perusahaan. Perancang perangkat lunak di IBM,
Sun dan perusahaan teknologi besar lainnya memenuhi peran ini seperti mereka
menggunakan pengalaman mereka dalam menyampaikan suatu masalah.
·
The Bridge, seorang blogger “jembatan”
adalah orang yang membuat koneksi, pengaruh dan membantu mempersatukan
orang-orang. Ia terobsesi dengan hubungan dan menghubungkan orang dan sebagai
hasilnyaia seringkali dapat berfungsi sebagai penjaga perdamaian. Dalam denah
perusahaan, profesi public relation dapat menjadi blogger “jembatan” alami.
Atau mungkin bisa saja profesi sekretaris perusahaan yang menjadi hal tersebut.
·
The Window, seorang blogger “jendela”
mirip dengan seorang pandai besidalam ia bekerja dalam perusahaan dan
menggunakan pengalamannya untuk membentuk opininya. Perbedaan dari kedua jenis
tersebut adalah seorang blogger “pandai besi” selalu membicarakan hal-hal yang
ada “di dalam” perusahaan. Sedangkan blogger “jendela” berbicara mengenai
hal-hal baik yang ada “di dalam” maupun “di luar” perusahaan.
·
The Signpost, seorang blogger “papan
tanda” sangat tidak biasa karena ia tidak memberikan pendapatnya, setidaknya
itu bukan menjadi alasan utama dari keberadaan blognya. Seorang blogger “papan
tanda” menunjukan hal-hal yang keren yang menarik perhatian di industrinya. Ia
mungkin tidak punya banyak hal untuk dikatakan pada setiap post-nya (mungkin
hanya beberapa patah kata dalam menjelaskan pokok utama dari ketertarikkannya),
tetapi ia akan mempost lusinan catatan pendek perhari ketika menemukan sesuatu
hal yang menarik, mungkin mengarahkan para pembacanya ke informasi pada situs
lainnya.
·
The Pub, blogger-blogger “kedai minuman”
ini menciptakan diskusi-diskusi yang dirancang sedemikian rupa untuk membawa
orang-orang dari segala sudut pandang membahas mengenai persoalan tertentu
untuk terus menerus membicarakannya dan bergembira bersama-sama ketika
membicarakannya. Blog milik Peter Davidson adalah contoh nyata dari blog
tersebut “Thinking by Peter Davidson” (www.peterthink.blogs.com/thinking),
mengizinkan sekelompok pemikir sejenis untuk menjelajahi beraneka ragam
persoalan.
·
The Newspaper, seorang blogger “surat
kabar” berfungsi dalam banyak cara seperti seorang wartawan, berusaha untuk
lebih banyak melaporkan daripada berpendapat, ia berusaha sebisa mungkin untuk
berpegang pada fakta. Banyak blog-blog politik yang pada dasarnya mirip dengan
surat kabar, behitu juga dengan beberapa blog teknis, seperti Engadget (www.engadget.com)
yang memusatkan pada berita-berita tentang “gadgety” termutakhir.
Sebuah blog tunggal
seringkali menghubungkjan beberapa jenis karakteristik blog tersebut diatas,
namun karena pada umumnya blog tersebut di tulis oleh seorang blogger atau
sekelompok kecil blogger, anda akan seringkali melihat kecenderungan yang
saling bertumpang tindih, tergantung pada blogger jenis apa yang sedang
bekerja. Berbaur dalam bidang yan luas ini adalah jenis-jenis blog lainnya yang
membentuk “kota bernuansa blog”, seperti the post office, dimana orang-orang
pergi untuk mendapatkan beraneka ragam informasi; the town hall, dimana
keputusan-keputusan penting dibuat dengan segala macam keunikan lainnya. Suatu
“kota” yang sehat membutuhkan semua jenis warga dan tempat dan pastinya aka
nada kegunaan-kegunaan lainya dari blog.
Beberapa campuran inuk
dari berbagai jenis blog, meliputi “How to Save the World” milik Dave Pollard (www.blogs.salon.com/0002007),
yang mana mirip dengan sebuah “Kedai kopi/Coffe Shop” sebagai tempat
berkumpulnya orang-orang dengan pemikiran yang sejenis dan membahas berbagai
pokok pembicaraan. “New Communication Blogzine” (www.newcommunicationblogzine.com),
yang memberikan wawasan bulanan dari pakar-pakar pemasaran dan komunikasi. Dan
“Doc Searls Weblog” (www.doc.weblogs.com),
dimana Doc tidak hanya berbagi pendapatnya, tetapi merangkumnya dengan lusinan
pendapat lainnya dari blogsphere.
Bagikan
JENIS BLOG APA YANG TERBAIK BAGI PERUSAHAAN ANDA? BERIKUT JENIS-JENIS BLOGGING EKSTERNAL PRIBADI
4/
5
Oleh
Unknown
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.