Salah satu alasan penggunaan blog menjadi suatu
phenomena adalah bahwa mengubah alat –alat seperti riset pasar dan pengujian
produk dari sebuah pandangan secara global menjadi tingkat interaksi manusia
secara perorangan. Jika terdapat suatu blog tentang perusahaan anda, anda dapat
dengan mudah mengirimkan email kepada para penggunanya untuk menanyakan
berbagai pertanyaan. Jika terdapat suatu artikael pada blog mengenai perusahaan
anda, baik yangmengkhawatirkan maupun yang menggembirakan, anda dapat mengambil
peluang tersebut untuk menciptakan pengalaman positif dan menanggapinya secara
langsung dan benar.
Lebih dari itu, jika anda memiliki blog pribadi,
anda dapat langsung menanyakan kepada pelanggan tentang pemikiran mereka.
Memikirkan untuk meluncurkan sejumlah minuman baru? Tanyakan kepada pelanggan
anda jenis minuman apa yang mereka sukai. Hendak meluncurkan perangkat lunak
baru? Tanyakan kepada pelanggan anda fitur-fitur apa saja yang mereka inginkan
dan yang mereka tidak inginkan dan seberapa besar mereka mau membayar untuk
mendapatkannya?
Blog adalah suatu tentang percakapan dan perlu
diingat agar terlibat dalam cara yang bermanfaat dan anda harus dapat
menciptakan pengalaman yang positif kepada orang yang sedang anda tanggapi dan
kepada semua orang yang sedang membaca artikel tersebut dimasa mendatang.
LIMA TAHAP AGAR KOMUNIKASI MENJADI LEBIH EFEKTIF
Pelanggan anda berbicara, karyawan anda berbicara,
rekan kerja dan pemasok anda juga berbicara. Dengan menggunakan blog
kemungkinan besar percakapan menjadi tidak terbatas.
Tantangan untuk kebanyakan perusahaan yang terlibat
dalam percakapan dengan pelanggannya bukan karena tidak diperolehnya umpan
balik, melainkan seberapa baik mengelola umpan balik tersebut, baik yang
positif maupun yang negative. Pada akhirnya perlu disadari bahwa
percakapan-percakapan semacam ini akan melibatkan pelanggan yang sudah ada,
calon pelanggan, karyawan dan rekan kerja anda. Jika anda mengabaikan
komentar-komentar ini, maka anda mengabaikan umpan balik yang berharga, potensi
strategi pemasaran yang baru, ide-ide penemuan produk yang baru dan konsep-konsep
yang dapat mengubah seluruh bisnis anda. Percakpan-percakapan tersebut terus
berlangsung baik anda ikut atau tidak didalamnya dan bisa jadi pesaing anda
juga turut mendengarkannya.
Cara yang paling baik untuk terlibat dalam
percakapan yang sebenarnya adalah melalui 5 thapan supaya komunikasi menjadi
lebih efektif, yaitu : Mendengarkan, memahami, menghargai, menerjemahkan dan
berkontribusi.
1. Mendengarkan
Mendengar diibaratkan seperti sebuah
sponge, dan sponge yang baik dapat menyerap air sebanyak mungkin. Sampai anda
sudah siap untuk berpartisipasi dan memberikan beberapa pengetahuan yang anda
miliki, anda harus lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.
2. Memahami
Dengan memahami apa yang sesungguhnya
sedang dibicarakan, dan terlepas dari segala bias atau maksud terselubung,
terutama yang berkaitan dengan kepentingan pribadi, anda mulai untuk menghargai
sebuah masukan. Anda perlu memastikan bahwa anda akan menjaga nilai tersebut.
Menghargai suatu percakapan, orang-orang dan masukannya lebih daripada anda
menghargai pendapat anda sendiri.
Apa yang dimaksud dengan
keaslian/authenticity?
Keaslian/authenticity adalah…
Hasrat/gairah suatu hal yang mendorong
orang untuk berhasil dalam melakukan apa yang mereka kerjakan. Hal itu pula
yang mendorong berhasilnya seorang blogger. Hasrat/gairah merupakan mesin yang
menggerakkan blog dan membuat orang untuk
selalu datang kembali.
Keyakinan/conviction, suatu hal yang
menyebabkan orang-orang untuk berhubungan dengan para blogger. Meskipun
topiknya mungkin tidak selalu disepakati, tetapi keyakinan dapat menunjukan
bahwa blogger telah sepenuhnya mengemukakan cara pandangnya masing-masing.
Dengan unsure- unsure tersebut diatas,
blogger yang berhasil akan dengan pasti dapat menarik pembaca baru dan sekalgus
menjaga pembaca yang sudah ada. Tidak ada yang lebih buruk daripada seorang
penulis yang membantah. Para pembaca mengetahuinya dan didalam hati penulis
tersebut juga mengetahuinya.
3. Menghargai
Menghargai partisipasi setiap orang pada
waktu yang tepat dapat menjadi suatu hal yang sulit, ada beberapa orang dalam
suatu percakapan yang luas tidak mendengarkan, tidak menghargai parisipasi
orang lain dan oleh karena itu seharusnya mereka tidak berhak untuk berbicara.
Namun ketika anda sebagai pengusaha yang sedang mendengarkan masukan tentang
perusahaan, produk-produk dan budang usaha anda akan sangat mudah untuk
mengabaikan pendapat tertentu yang tidak layak mendapatkan perhatian anda.
Janga terjebak dalam perangkap ini ! Sebelum anda dapat berpartisipasi dan
menanggapi dengan benar tentang apa yang terjadi dalam suatu percakapan besar
seperti artikel blog, anda harus lebnih dahulu menghargai setiap orang yang
terlibat didalamnya. Akhirnya mungkin orang-orang yang anda hargai tersebut
pada suatu saat akan menjadi pelanggan
setia terbesar anda selanjutnya.
4. Menerjemahkan
Sebelum anda mengambil keputusan untuk
terlibat didalam suatu percakapan yang terjadi didalam blog anda, anda perlu
untuk menerjemahkan dan mengevaluasi apa yang sudah pernah dikatakan dan
menentukan apakah anda benar-benar memiliki pendapat yang berharga dan unik
untuk di tawarkan. Akhirnya jika anda hanya mengatakan “Ya, saya setuju!” dalam
suatu percakapan besar, mungkin nada lebih baik hidup dengan pepatah “Orang
bodoh pun akan terlihat bijaksana, jika dia tidak membuka mulutnya”.
5. Berkontribusi
Tahap terakhir dari komunikasi yang
efektif adalah untuk menyumbangkan sesuatu yang berharga kedalam kelompok.
Informasi berharga apa, yang dapat anda tawarkan? Ketika sebuah percakapan
berpusat di bidang keahlian anda, anda adapat menawarkan hasrat dan pandangan
khas anda. Tidak seperti pada kebanyakan pesta, dimana tidak setiap orang
mendapat kesempatan untuk berbicara dengan orang lainnya, ribuan pembaca dan
penulis blog sedang menunggu dengan antusias untuk mendengar apa yang anda dan
perusahaan anda akan katakan. Setelah anda benar-benar siap untuk
berpartisipasi dalam suatu percakapan, yakinlah anda tidak hanya didengar
tetapi anda juga akan menerima masukan.
Bagikan
BERBICARA KEPADA PELANGGAN ANDA DAN LIMA TAHAP AGAR KOMUNIKASI MENJADI LEBIH EFEKTIF
4/
5
Oleh
Unknown
Silahkan Berkomentar Dengan Baik. Terima Kasih Atas Kunjungannya.